Diet pada klien dengan nefrontik syndrome pdf

Ginjal berfungsi sebagai salah satu alat ekskresi yang sangat penting melalui ultrafiltrat yang terbentuk dalam glomerulus. Reabsorpsi dan pembuangan dilakukan menggunakan mekanisme pertukaran lawan arus dan kotranspor.

Tiap ginjal mempunyai lebih kurang 1, juta nefron berarti pula lebih kurang 1, juta glomeruli. Tubulus ginjal merupakan lanjutan dari kapsula Bowman. Rujukan ke bagian gizi diperlukan untuk pengaturan diet terutama pada pasien dengan penurunan fungsi ginjal.

Di bagian ini setiap tahun terdapat kira-kira 12 pasien, umumnya pada dewas. Cortisol itu sendiri mempunyai mineralocorticoid activity, maka kelebihan corticol mengakibatkan tanda-tanda dan gejala-gejala peningkatan kegiatan mineralocorticoid.

Begitu pula dengan elektrolit Na, K, Cl, Bikarbonatendogenus organic ion citrat, malat, asam karbonatH2O dan urea. Nyeri berhubungan dengan meningkatnya sekresi lambung 6.

Meskipun secara umum penyakit ini dianggap menyerang anak-anak, namun sindrom nefrotik juga terjadi pada orang dewasa termasuk lansia. Resiko cedera berhubungan dengan atropi otot C. Hambatan mobilitas fisik i.

Perubahan metabolisme karbohidrat Ada peningkatan hepatic gluconeogenesis dan ketidakmampuan memaki insulin yang mengakibatkan postprandial hyperglycemia dan diabetes mellitus.

Penyakit ini menimbulkan tegangan yang berta pada keluarga dengan masa remisi, eksaserbasi dan masuk rumah sakit secara periodik. Konsep Dasar Asuhan Keperawatan 1. Bantu aktivitas klien yang berarti d. Menyelesaikan kasus-kasus yang berkaitan dengan Sindrome Nefrotik 1.

Pantau masukan cairan dan hidrasi kulit dan membran mukosa. Efek samping obat ini mempengaruhi kulit, terutama selaput mukosa. Kelebihan volume cairan berhubungan dengan kehilangan protein sekunder akibat peningkatan permiabilitas glomerulus ditandai dengan pasien mengalami edema Evaluasi: Manifestasi Klinik 1.

Gangguan citra tubuh berhubungan dengan perubahan penampilan fisik a. Kelainan ini sering ditemukan pada nefritis yang timbul setelah infeksi dengan streptococcus yang berjalan progresif dan pada sindrom nefrotik.

Nyeri berhubungan dengan meningkatnya sekresi lambung a. Riwayat penyakit dahulu Kaji apakah pasien pernah mengkonsumsi obat-obatan kartekosteroid dalam jangka waktu yang lama. Arteriografi - Lokalisasi tumor adrenal d. Sumber lemak ini berasal dari filtrat lipoprotein melalui membrana basalis glomerulus yang permeabel.

Sindrom premenstrual adalah kombinasi gejala yang terjadi sebelum haid dan menghilang setelah haid keluar. CT scan dan ultrasonografi menemukan tumor.

askep sindrom nefrotik

Peningkatan berat badan edemapenurunan berat badan dehidrasimual, muntah, anoreksia, nyeri ulu hati. Insiden sindrom nefrotik pada anak di Hongkong dilaporkan 2 - 4 kasus per Perubahan hematological. Tindakan yang dilakukan untuk menangani kasus sindrom premenstrual adalh menganjurkan perubahan diet selain menambah suplemen nutrisi, walaupun tidak secara khusus jenis nutrisisnya apa.ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN CUSHING SYNDROME A.

Definisi Cushing syndrome adalah kumpulan gejala yang disebabkan oleh hiperadrenokortisisme akibat neoplasma korteks adrenal atau adenohipofisis, atau asupan glukokortikoid yang berlebihan.

Asuhan Keperawatan Pasien Dengan Nefrotik Syndrom A. Pengertian. Nefrotik syndrom merupakan gejala yang meliputi proteinuria (albumunuria), hipoalbunemia.

Pada pengkajian riwayat kesehatan dahulu, perawat perlu mengkaji apakah klien pernah menderita penyakit edema, apakah ada riwayat dirawat dengan penyakit diabetes melitus dan penyakit hipertensi pada masa sebelumnya.

Penting dikaji tentang riwayat pemakaian obat-obatan masa lalu dan adanya riwayat alergi terhadap jenis obat dan dokumentasikan. Orang dengan sindrom nefrotik harus mengatur diet akibat terjadinya kerusakan pada ginjal. Kerusakan ini menyebabkan protein yang biasanya disimpan dalam plasma darah terlepas ke dalam urin.

Selain itu pertahankan diet rendah natrium/ sodium, tidak hanya mengurangi makanan yang asin namun juga orang tua mampu memilah makanan yang mengandung MSG atau pengawet yang mengandung banyak sodium.

Diet tinggi protein juga mampu diberikan pada klien dengan kondisi ketika klien sudah mengalami perbaikan fungsi ginjal dilihat dari keseimbangan intake dan output. Hal lain yang perlu. Orang dengan sindrom nefrotik harus mengatur diet akibat terjadinya kerusakan pada ginjal. Kerusakan ini menyebabkan protein yang biasanya disimpan dalam plasma darah terlepas ke dalam urin.

Diet pada klien dengan nefrontik syndrome pdf
Rated 3/5 based on 46 review